7 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo

7 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo mungkin sudah banyak beradar di internet, namun tidak kesemuanya memberikan hasil maksimal karena bisa saja beda lokasi beda juga dampaknya. Nah sebagai salah satu referensi yang mungkin bisa membantu, berikut ini kami akan menjabarkan ulang tentang bagaimana cara dan menggunakan baterai ponsel oppo supaya lebih awet dan tahan lama. Seperti apa saja? Akan lebih baik jika sobat menyimak artikel ini hingga selesai.

7 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo

Seperti yang diketahui, Oppo merupakan salah satu vendor ponsel yang familiar di Indonesia. Namun apakah sobat sadar jika produk baru mereka sudah menggunakan baterai tanam (Non-Removable)? Dari sini harusnya sobat paham dengan apa yang harus dilakukan supaya baterai tersebut lebih awet. Sebab dari semua sisi, baterai ini akan sulit diganti (jika rusak) dan bahkan harus menggunakan jasa konter (bengkel) hp yang benar-benar berpengalaman.

Sebenarnya baterai Non-Removable mempunyai begitu banyak kelebihan, selain lebih sederhana, pengguna tidak perlu repot mengeluarkan baterai ketika hendak mengganti kartu. Namun dari segi kelemahan, tentu ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Nah untuk lebih mempersingkat postingan ini, berikut beberapa hal yang bisa sobat lakukan supaya baterai tanam oppo lebih terawat.

7 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo

Sebenarnya langkah yang harus diterapkan sangat sederhana. Atau bahkan cara ini terbilang paling mudah untuk dilakukan. Seperti apa saja? Berikut rincian lengkap yang bisa diterapkan.

1. Gunakan Charger Original
Secara tidak sadar, sangat sering para pengguna ponsel menggunakan (numpang) charger pada orang lain. Padahal belum tentu charger yang dipinjam tersebut mempunyai kapasitas yang sama dengan yang asli. Jadi dengan penggunaan charger non-ori, maka bisa saja baterai lebih cepat soak dan mudah overheat (panas). Jadi sebisa mungkin gunakanlah charger asli bawaan pabrik, atau paling tidak yang mendekati dengan produk orinya.

2. Jangan Tunggu Baterai Benar-Benar Habis
Meski pada dasarnya sangat dibutuhkan untuk kalibrasi, namun jika keseringan malah akan membuat baterai cepat rusak. Bisa saja ponsel akan sulit untuk menyala kembali karena baterai tidak kuat untuk boot. Paling ideal untuk melakukan pengisian ialah ketika sudah keluar peringatan baterai lemah. Dari situ ponsel akan lebih stabil dan baterai akan terawat lebih baik.

3. Jangan Gunakan Ponsel Ketika Sedang Di Charger
Tidak hanya berlaku untuk ponsel Oppo, tips ini bisa digunakan pada setiap produk dengan fitur baterai tanam. Sebab secara tidak sadar, Ponsel yang digunakan akan membuat sistem lebih bekerja dan membuat pengisian baterai tidak stabil. Dalam hal ini ponsel akan overheat (panas) dan dengan perlahan baterai akan menjadi lemah. Jadi sebagai tips sederhanya, gunakanlah ponsel sewajarnya dan hindari pemakaian ketika masih sedang dicharge.

4. Jangan Lakukan Chraging Ponsel Di Luar Ruangan
Dari sisi keamanan, tentu mengecas hp akan sangat baik didalam ruangan. Apalagi berada di ruangan ber-AC yang secara tidak langsung akan membuat ponsel tetap dingin. Tujuan dari menghindari proses charging di luar ruangan ini adalah supaya ponsel tidak panas dan tercegah dari yang namanya overheat. Usahakan pula agar ponsel tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

5. Aktifkan Mode Pesawat Atau Matikan Ponsel Ketika Charging
Tips ini ialah untuk memastikan bahwa ponsel benar-benar tidak sedang bekerja. Dengan demikian, proses charging akan lebih cepat (karena tidak termakan atau terkuras kembali) serta bisa membuat baterai ponsel Oppo sobat lebih awet. Aktifkan mode pesawat atau jika perlu matikan saja ponsel ketika sedang dilakukan pengisian baterai.

6. Pilihlah PowerBank Yang Sesuai
Kapasitas Ouput sangat penting untuk diperhatikan, sebab bisa saja penggunaan secara berkala malah membuat baterai ponsel anda lebih cepat terkuras. Dalam hal ini sobat bisa memperhatikan ouput pada charger asli dan output pada powerbank. Jika output lebih tinggi, maka kami sarankan untuk tidak digunakan, tapi jika lebih rendah, maka silahkan digunakan. Hal ini bisa membuat baterai terisi lebih optimal meski membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

7. Minimalkan Penggunaan Paket Data
Sebenarnya tips ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, sebab kebanyakan para pengguna ponsel mengaktifkan fitur tersebut untuk berbagai kebutuhan. Tapi perlu diketahui, paket data yang aktif akan menguras baterai dan bahkan lebih mudah overheat. Jadi untuk meminimalkannya, pakailah sambungan wi-fi sehingga tarikan signal tidak begitu berat.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami simpulkan mengenai 7 Cara Merawat Baterai Tanam Oppo. Jangan lupa dishare dan semoga bisa membantu.

Leave a Comment