Cara Kalibrasi GPS Android

Artikel Cara Kalibrasi GPS Android ini mungkin akan menjawab pertanyaan tentang titik biru maps tidak akurat, cara mengunci titik gps, atau cara setting gps android. Sebab masih saja ada orang yang kebingungan dengan apa yang sudah dijelaskan Google. Maka dari itu, guna memberikan keterangan yang terperinci, berikut kami akan merangkum kembali keterangan tersebut. Seperti apa dan bagaimana? Berikut artikel selengkapnya.

Cara Kalibrasi GPS Android

Seperti yang diketahui, GPS merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk aplikasi Google Maps. Dari aplikasi ini, banyak sekali pengguna yang merasa terbantu. Dari yang mulai mencari jalan, penunjuk arah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan beberapa penyedia transportasi online memanfaatkan fitur ponsel android yang satu ini.

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Bagaimana cara mengatur supaya GPS pada ponsel lebih akurat? Guna menjawab pertanyaan tersebut, kami merangkum dari beberapa sumber yang kemudian menuliskannya kembali pada blog ini. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak sama-sama rincian dibawah ini.

Cara Kalibrasi GPS Android

Menurut yang kami lansir dari laman bantuan Google, terkadang Google Maps mengalami masalah untuk bisa menemukan lokasi yang tepat. Jika memang lokasi GPS (titik biru) pada peta (maps) tidaklah akurat, atau memang titik biru tersebut tidak muncul, maka ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan. Langkah inin juga dikatakan mampu menyempurnakan hasil penelusuran serta memberikan hasil relevan bagi para pengguna.

1. Melihat Lokasi Saat Ini Di Peta

  • Pertama ialah dengan membuka aplikasi Google Maps di ponsel sobat.
  • Selanjutnya akan terlihat titik biru yang menunjukkan dimana saat ini sobat berada. Jika titik biru tidak terlihat, maka bisa tab (tekan) pada Lokasi Anda di bagian bawah tampilan ponsel.

2. Cara Menemukan Lokasi Saat Ini
Dalam hal ini aplikasi Google Maps secara otomatis akan memperkirakan lokasi yang akurat. Beberapa sumber yang menjadi acuan Google ialah :

  1. GPS, merupakan sumber informasi yang diperoleh dari satelit serta bisa memperkirakan lokasi yang ada pada radius hingga 20 meter di sekitar sobat. Namun terkadang fitur ini tidak akurat jika berada dibawah tanah atau didalam gedung.
  2. Wi-fi, memperkirakan lokasi jaringan terdekat sehingga secara tidak langsung akan membantu Maps mengetahui lokasi sobat.
  3. Menara BTS, jika data sedang diaktifkan, maka menara BTS (Tower) dari jaringan seluler bisa menjadi acuan mengetahui lokasi anda. Bahkan hingga beribu-ribu meter.

3. Mengaktifkan Mode Akurasi Tinggi
Supaya Google Maps merasa terbantu untuk menemukan lokasi sobat, khususnya dengan titik biru yang lebih akurat, maka bisa juga dengan menggunakan mode akurasi tinggi. Cara mengaktifkannya adalah :

  • Masuk setting (pengaturan) pada ponsel android
  • Tap (pilih) pada menu lokasi
  • Cek pada bagian atas dan aktifkan lokasi.
  • Selanjutnya pilih (tab) Mode dan gunakan Akurasi Tinggi.

Jika masih bingung dengan beberapa tips yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin bisa juga menggunakan cara alternatif yang dilampirkan pada laman bantuan Google. Cara lain ini bisa digunakan untuk meningkatkan akurasi lokasi.

Cara lain Untuk Meningkatkan Akurasi Lokasi Google Maps

Jika memang dirasa lokasi sobat masih salah, ada beberapa hal yang bisa anda alternatif yang bisa sobat coba. Cara tersebut diantaranya :

1. Mengaktifkan Wi-fi
Cukup masuk pada setting dan pilih menu Wifi, selanjutnya tekan pada posisi on supaya wi-fi pada ponsel sobat menyala. Bisa juga dengan cara pintas pada menu bar.

2. Merestart Ulang Ponsel
Yang dimaksud disini ialah memulai ulang ponsel dengan cara mematikannya sejenak. Non-aktifkan ponsel dengan tekan tombol power. Kemudian nyalakan kembali. Atau pada ponsel tertentu bisa menggunakan fitur Re-Boot.

3. Melakukan Kalibrasi GPS
Tips ini sebenarnya bisa diterapkan jika beam titik biru lebar atau menunjuk pada arah yang salah. jadi kalibrasi kompas bisa merupakan alternatif paling mudah.

  • Buka aplikasi Google Maps pada ponsel masing-masing.
  • Buat angka delapan sampai kompas berhasil dikalibrasi. Lakukan berulang hingga benar-benar berhasil.
  • Demikian seharusnya sinar sudah menyempit dan menunjuk pada arah yang benar. Jika masih bingung silahkan cek gambar dibawah.

Arti dari titik biru tersebut merupakan lokasi dimana sobat berada. Jika Google Maps kurang yakin dengan lokasi sobat, maka akan tampak lingkaran biru muda pada sekitar titik biru tersebut. Semakin kecil lingkaran yang tampil, maka semakin yakin pula aplikasi tersebut dengan lokasi anda.

Sebagai catatan, jika titik biru tidak tampil atau bahkan berwarna abu-abu, maka berarti lokasi anda tidak bisa ditemukan, jadi dalam hal ini hanya akan ditampilkan lokasi terakhir yang terdeteksi. Dan jika diantara lokasi sobat dan BTS terhalang oleh gedung, maka bisa saja titik biru pada Maps tidak akurat.

Untuk bisa melihat lokasi saat ini pada ponsel, sebenarnya bisa saja menggunakan aplikasi tambahan yang bisa di pasang langsung dari Google Playstore. Cukup gunakan kata kunci “Maps” atau “Peta” pada opsi pencarian. Atau bisa juga menggunakan browser pada ponsel, untuk lebih mudahnya bisa pakai Google Chrome.

Artikel ini kami ambil dan kami rangkum dari https://support.google.com/maps/answer/2839911?co=GENIE.Platform%3DAndroid&hl=id&oco=0

Leave a Comment