Home Android Cara Koneksi Internet Android Ke PC Via USB

Cara Koneksi Internet Android Ke PC Via USB

71
0

Cara Koneksi Internet Android Ke PC Via USB | Guna memenuhi kebutuhan harian dalam berinternet, terkadang seseorang sampai rela untuk mencari sambungan wifi gratis supaya bisa tersambung pada jaringan internet. Nah tidak sedikit pula yang mencari kuota gratis, paket internet murah dan lain sebagainya. Nah apabila anda mempunyai kuota yang tidak terbatas pada ponsel anda. Sedangkan anda ingin browsing menggunakan laptop, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya ialah memanfaatkan tethering dari ponsel menggunakan USB. Seperti apa dan bagaimana? Tentu kami akan memberikan rincian lengkap untuk anda.

Cara Koneksi Internet Android Ke PC Via USB

Pada dasarnya anda bisa berbagi tethering langsung dengan menggunakan sambungan wifi. Intinya paket data anda akan dibagikan melalui ponsel dengan memanfaatkan menu tethering supaya ponsel mengeluarkan signal wifi. Tapi bagaimana jika laptop atau komputer anda tidak tersedia wifi card? Tentu hal tersebut menjadi salah satu masalah bagi anda. Sebagai salah satu solusi, maka anda bisa menyambungkan ponsel anda melalui USB.

Cara Koneksi Internet Android Ke PC Via USB

Namun sebelum benar-benar mengaktifkan USB Tethering tersebut, sebelumnya anda perlu melakukan setting sederhana pada hp anda. Dalam hal ini anda perlu mengaktifkan dahulu USB Debugging pada smartphone supaya bisa dengan mudah tersambung dengan PC. Langkah-langkah yang bisa anda lakukan ialah :

  1. Masuk pada menu setting pada ponsel kemudian cari pada bagian system yang menampilkan menu Developer Options (Opsi Pengembang).
  2. Selanjutnya anda bisa mengaktifkan (ubah pada posisi ON) fitur Developer Options tersebut.
  3. Untuk langkah lebih tepat, klik pada bagian USB Debugging supaya anda bisa mengaktifkannya.

Proses selanjutnya pun terbilang sangat mudah, jika anda sudah melakukan penyetingan USB Debugging, maka proses selanjutnya bisa dengan menyambungkan ponsel anda dengan PC. Jika masih belum bisa digunakan, maka silahkan anda cek langkah-langkah berikut :

  • Pertama anda masuk pada menu setting ponsel android.
  • Kedua pilih pengaturan sambungan dan klik Tethering.
  • Tampilan selanjutnya anda diminta untuk mengaktifkan USB Tethering.
  • Dalam hal ini komputer akan mendeteksi secara otomatis sambungan yang tersedia.

Nah jika langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, coba langsung lakukan percobaan. Seharusnya dalam hal ini anda sudah bisa menikmati sambungan internet. Tapi jangan lupa juga untuk mengaktifkan paket data pada ponsel anda. Jika pengaturan diatas masih membuat anda bingung, berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan secara detail.

  1. Pertama anda hubungkan terlebih dahulu ponsel dengan PC menggunakan kabel data (USB).
  2. Selanjutnya buka ponsel anda dan masuk pada menu setting (pengaturan).
  3. Jika sudah berada pada menu tersebut, anda akan dihadapkan dengan berbagai tampilan yang harus anda pilih. Namun dalam hal ini anda pilih Wireless and Networks kemudian More.
  4. Sampai pada tahap ini anda jangan bingung, sebab disitu terdapat banyak pilihan berupa Airplane mode, Default SMS App, Tethering, VPN, Digital Media Server, Celluler Network, dan Play To. (Tampilan bisa berbeda pada setiap merk).
  5. Selanjutnya anda pilih Tethering
  6. Nah pada menu ini, anda mungkin akan memperoleh tampilan yang terbilang banyak. Namun untuk melanjutkan cukup pilih USB Tethering.
  7. Dari sini komputer akan menscan secara otomatis dan hanya menunggu sambungan tersebut siap digunakan.
  8. Jika langkah-langkah ini berhasil, maka anda akan menemukan tanda bahwa PC anda sudah terhubung dengan internet. Coba cek icon Network Internet Access pada bagian bawah (bar notifikasi).

Sedikit tips agar sambungan tethering USB anda berjalan lancar!

  1. Gunakanlah kartu sim yang mempunyai signal kuat supaya internet tidak putus.
  2. Usahakan kuota anda masih tersisa banyak, sebab bisa saja penggunaan ponsel dan PC sangat berbeda.
  3. Jangan gunakan atau sambungkan ponsel anda dengan Windows 10, sebab bisa saja anda tidak bisa internetan karena kehabisan kuota. Dalam hal ini windows 10 melakukan update otomatis yang tidak bisa dibatasi jika menggunakan tethering. Jika memang terpaksa, aktifkan set as metered connection supaya bisa diminimalisir pemakaian kuota.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait tips dan tutorial sederhana mengenai cara menyambungkan android dengan PC. Semoga bisa membantu dan memberi tambahan referensi bagi anda yang membutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here