Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran

Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran pada dasarnya tidaklah sulit. Akan tetapi, bagi orang yang belum paham, mungkin saja langkah-langkah yang dilakukan takut salah. Pasalnya setiap melakukan pembelian token, baik itu di penjual pulsa, mini market, atau ATM, maka si pembeli akan memperoleh nomer dengan 20 digit angka. Dalam hal ini tidak sedikit orang yang juga merasa kebingungan.

Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran

Nah dalam hal ini, ada beberapa jenis meteran listrik yang terbagi dalam beberapa merek. Sebagai contohnya ialah Itron, Hexing, Actaris, dan Stars. Namun untuk saat ini, kebanyakan merek yang digunakan oleh pihak PLN ialah Hexing. Akan tetapi, dalam segi memasukkan kode token, semua langkah sama, bahkan bisa diterapkan pada semua jenis.

Yang sangat disayangkan, meski pihak pemerintah sudah lama meluncurkan meteran listrik prabayar. Akan tetapi masih banyak orang yang belum paham tentang tata cara mengetikkan angka (token) yang diperoleh dari pembelian. Oleh karena itu, disini kami hadir untuk memberikan informasi yang siapa tahu bisa membantu bagi anda.

Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran

Sebelum anda beranjak pada penerapan atau langkah-langkah mengetik kode token listrik. Akan lebih baik jika memahami juga beberapa tanda yang terdapat pada LED meteran. Atau bahkan bisa dikenali dari lampu yang berkedip pada meteran prabayar tersebut. Adapun informasi yang dimaksud diantaranya :

  • Warna LED/Lampu HIJAU : Pertanda bahwa Persediaan kWh Sangat Banyak
  • Warna LED/Lampu KUNING : Pertanda bahwa kWh Cukup Banyak
  • Warna LED/Lampu MERAH : Pertanda bahwa persediaan kWh Hampir Habis
  • Warna Lampu MERAH BERKEDIP + BUNYI : Persediaan kWh Kritis

Tambahan : Untuk mengecek sisa kWh, bisa diamati pada tampilan angka LED. Pasalnya angka tersebut yang menunjukkan sisa kWh yang anda miliki.

Nah untuk melakukan pengisian (mengetikkan kode token) pada meteran, langkah-langkah yang bisa dilakukan sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada step by step dibawah ini.

Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran :

  1. Pertama anda harus memastikan bahwa sudah mempunyai token baru (belum pernah dipakai). Jika masih belum punya, maka bawa kartu (nomer meter) pada penjual pulsa (token listrik) pada wilayah anda. (pembelian ini umumnya akan memperoleh nomer token dengan 20 digit angka).
  2. Masukkan 20 angka kode token voucher tersebut. (hati-hati supaya tidak salah ketik) Selanjutnya akhiri dengan menekan enter (cari tombol merah dengan gambar anak panah belok ke kiri). Jika salah ketik, maka pilih tombol “Backspace” (anak panas lurus ke kiri) untuk menghapus angka salah ketik tadi.
  3. Jika dilayar muncul “Benar / Accept”, maka kode yang anda masukkan sudah benar. Maka secara otomatis token kWh akan bertambah.
  4. Jika di layar LED muncul “Salah / Reject”, maka mungkin anda salah ketik kode token. Maka perlu dilakukan lagi dari awal.

Sekedar tips tambahan :

  • Cek sisa kWh sebelum anda mengetikkan token, tujuannya ialah supaya bisa memastikan bahwa sisa kWh benar-benar bertambah.
  • Selanjutnya ketikkan token secara perlahan, usahakan angka demi angka benar. Tujuannya supaya anda tidak melakukan berulang-ulang.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami bahas tentang Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Leave a Comment