Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Paling Mudah

Cara Memperbaiki DVD Player No Disc bisa menggunakan berbagai alternatif, semua tergantung dengan kerusakan serta hal lain yang berpengaruh pada kinerja optik tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan triks yang siapa tahu bisa membantu bagi sobat. Dari segi perbaikan atau hanya sekedar untuk mencoba otak-atik sendiri.

Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Paling Mudah

Pada dasarnya untuk saat ini harga DVD Player terbilang cukup murah. Sebab dengan hanya 250 ribu rupiah sudah bisa membawa pulang DVD Player baru dari toko. Namun harga murah tersebut tidak memberikan jaminan tentang keawetan dan sejenisnya, maka dari itu sudah sewajarnya jika sobat memaklumi hal tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber yang berbeda, ada beberapa faktor yang menyebabkan DVD mengeluarkan keterangan “NO DISC”, meski sudah memasukkan piringan kaset berkali-kali, namun hal serupa tetap terjadi dan mungkin akan membuat jengkel bagi para pengguna yang tidak paham musababnya.

Ada sekitar 5 faktor yang bisa menyebabkan No Disc pada dvd player, beberapa diantaranya ialah mencakup kaset yang diputar, optik kotor, optik sudah mati (rusak), kabel fleksibel optik rusak, serta power supply yang lemah. Maka dari itu, disini sobat harus tahu terlebih dahulu apa indikasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Paling Mudah

Bagaimana cara service atau mengatasi dvd player yang no disc? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa langkah yang bisa langsung dicoba dirumah. Namun akan lebih baik jika sobat dibekali sedikit ilmu tentang kelistrikan.

  1. Buku penutup DVD player (casing) dengan melepas sekrup yang ada pada bagian belakang atau bawah. Umumnya posisi sekrup ini tidak sama, jadi sobat periksa supaya semua sekrup benar-benar terbuka.
  2. Colokkan kabel power pada stop kontak (sambungkan listrik pada dvd player).
  3. Nyalakan dan tekan tombol open serta masukkan pringan (disc dvd/cd), dan tekan close.
  4. Amati cahaya pada optik serta putaran pada piringan, apa terbilang normal atau terganggu.
  5. Jika tidak normal atau putaran piringan lambat, maka lepas solderan kabel merah (+) dan hitam (-) pada PCB di bagian mesin yang menuju ke arah motor spindel (dinamo).
  6. Pada kabel merah (+) dan hitam (-), coba lakukan kejut menggunakan tegangan 1 hingga 3 volt selama kurang lebih 10 detik hingga 1 menit. Atau sampai dirasa motor spindel berputar normal. Dalam hal ini sobat bisa mengguakan baterai kecil 1 buah (1,5 volt) dan begitu seterusnya. Serta bisa juga menggunakan power suply dengan maksimal 6 volt.
  7. Lepaskan tegangan baterai, kemudian solder kembali kabel tadi pada posisi semula.
  8. Tes dengan disk dan seharusnya dvd player sudah kembali normal.

Dari sumber yang kami rangkum, ada beberapa alasan kenapa perbaikan menggunakan cara tersebut? Dalam hal ini jawaban yang diberikan terbilang sederhana. Karena bisa saja motor spindel mengalami korosi, kotor, arang pada bagian komutator atau pin kuningan terhadap plat/lidah (+) dan (-). Namun dalam hal ini sobat jangan mencoba untuk membukanya, sebab butuh keterampilan khusus untuk memperbaiki motor spindel.

Sebagai tambahan informasi, umumnya gejala no disc ini disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa diantaranya mencakup :

  • Optik tidak bekerja normal (tidak mengeluarkan cahaya), untuk mengatasinya bisa dengan mengganti kabel data, kabel fleksibel dan melakukan tes dengan cara menghidupkannya. Jika masih sama, maka ada baiknya jika optik diganti dengan yang sesuai (sama persis). Gejala no disc ini tidak serta merta bisa mencurigai MPEGnya, sebab masalah ini berhubungan dengan informasi dari disk, diterima optik, dikirim melalui kabel data, dan diolah di IC program guna mevalidasi perintah dan kelengkapan system DVD player. baru kemudian akan dikirim kembali pada bagian optik, mekanik, dan tampilan.
  • Mekanik kesat ketika motor menggerakkan optik, hal ini umumnya mekanik optik maju mundur tidak ada habisnya membaca. Untuk mengatasi, coba teteskan sedikit pelumas pada besi tempat optik berjalan. Dalam hal ini bisa menggunakan oli, minyak mesin jahit, minyak goreng, atau pelumas khusus untuk DVD player.
  • Putaran Lambat, masalah ini sering terkait dengan gangguan pada tegangan plus dan minus SP yang umumnya dibutuhkan sekitar 3-4 volt tanpa beban motor spindel. Apabila dibebani motor spindel, maka tegangan tersedia sekitar 1,5 – 2 volt. Jika dirasa cukup, maka lakukan triks diatas untuk ganti motor spindelnya.

Tips diatas hanya salah satu dari sebagian cara alternatif yang bisa diterapkan. Namun tidak menutup kemungkinan pada kesempatan lain kami juga akan memperbaruinya.

Cukup sekian untuk postingan Cara Memperbaiki DVD Player No Disc Paling Mudah ini, dan semoga bisa membantu bagi orang-orang khususnya sobat yang membutuhkan.

Leave a Comment