Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Di Android

Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Di Android mungkin sudah bisa dibaca pada berbagai media di internet. Hal tersebut karena tidak sedikit yang membagikan tentang tips tersebut. Nah sebagai pelengkap dari beberapa artikel yang kami buat, maka tidak ada salahnya jika sobat mencoba triks yang kami bagikan tersebut. Jadi untuk detailnya, silahkan simak tulisan ini hingga usai.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Di Android

Seperti yang sobat ketahui, pada ponsel android terdapat fitur aktifkan dan non-aktifkan aplikasi. Entah itu merek apa saja, yang jelas pada setiap smartphone dengan OS tersebut tersedia fitur seperti yang sudah kami sebutkan di judul. Jadi bagi yang masih belum paham, mungkin akan sedikit kebingungan untuk mengembalikan pengaturan yang dimaksud. Maka dari itu disini kami hadir untuk membantu sobat supaya masalah bisa terpecahkan.

Menurut dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber yang kami rangkum, ada beberapa cara alternatif yang bisa digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang dinonaktifkan. Semuanya terbilang sederhana dan mungkin akan terasa lebih mudah jika dipraktekkan secara langsung. Seperti apa dan bagaimana? Berikut rincian selengkapnya yang bisa sobat terapkan.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Di Android

Mungkin pada setiap merek akan mempunyai tampilan berbeda pada menu pengaturan aplikasi. Jadi untuk lebih detailnya, silahkan sobat otak-atik terlebih dahulu dan cari dimana letak pengaturan tersebut. Yang jelas sudah pasti ada didalam menu setting atau ada aplikasi khusus seperti dari pihak ketiga atau manager aplikasi yang memang sudah bawaan ponsel.

Metode Pertama : Cara Mengaktifkan Kembali Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Sebagai alasan menonaktifkan aplikasi ialah karena tidak bisa menghapus (Uninstall) aplikasi bawaan pada hp. Sehingga cara alternatifnya ialah dengan menonaktifkannya. Nah ketika aplikasi tersebut dibutuhkan, tentu sobat akan cari cara supaya aplikasi tersebut bisa aktif kembali. Untuk langkah sederhana dan bisa dilakukan secara manual diantaranya :

  1. Masuk pada menu Setting / Pengaturan
  2. Pilih Menu Apl (manager aplikasi) / App Manager, pada ponsel berbeda terkadang harus pilih menu pengaturan lainnya.
  3. Pada tampilan ini sobat pilih semua aplikasi / all apps
  4. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin diaktifkan / dinonaktifkan (cari atau scroll hingga paling bawah)
  5. Ketika sudah dipilih, maka akan ada tampilan aktifkan, Klik aktifkan dan selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? bahkan semua orang pasti bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dalam hal ini sobat juga bisa melihat seluruh aplikasi yang terpasang pada ponsel serta memilih aplikasi yang memang dibutuhkan dan juga menonaktifkan aplikasi tidak terpakai.

Nah cara diatas hanya bisa dilakukan bila sebelumnya sobat menonaktifkan aplikasi secara manual. Namun bagaimana jika menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga? Tentu sobat harus melakukan proses diatas dengan aplikasi yang sudah sobat gunakan. Untuk tata caranya bisa mengikuti langkah berikut :

Metode Kedua : Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Dengan Aplikasi

Dalam hal ini umumnya kalangan orang menggunakan aplikasi tambahan yang di install melalui Google Playstore. Hal tersebut didasari dengan alasan karena lebih mudah, lebih ringan, atau yang lainnya. Namun kalau menurut kami, penambahan aplikasi hanya bisa memperlambat kinerja dari ponsel. Sebab aplikasi terbaik pasti sudah ada pada bawaan pabrik. Jika sudah terlanjur, silahkan sobat ikuti cara dibawah ini.

  1. Buka aplikasi yang sudah sobat gunakan untuk menonaktifkan aplikasi.
  2. Pilih nama aplikasi yang sudah dinonaktifkan untuk bisa diaktifkan kembali.
  3. Klik Unfreeze / aktifkan.
  4. Selesai.

Penggunaan aplikasi ini memang sangat membantu bagi yang kesulitan mencari menu secara manual. Seperti fungsinya, aplikasi ini bisa digunakan untuk non-aktifkan dan aktifkan aplikasi sesuai kehendak pengguna.

Cukup sekian ulasan singkat mengenai Cara Mengaktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Di Android. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih atas kunjungannya.

    Leave a Comment