Home Ponsel Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53

112
0

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53 ini pada dasarnya berlaku untuk semua jenis ponsel Vivo. Seperti halnya Vivo Y91, Y71, Y21, dan lain-lainnya.

Akan tetapi, untuk memberikan keterangan yang lebih spesifik, maka tidak ada salahnya jika disini kami merangkum.

Tujuannya ialah supaya produk yang kami sebut lebih tepat, atau lebih identik dengan apa yang sudah kami sebut pada judul.

Seperti yang kita ketahui, ponsel Vivo memang menjadi salah satu brand yang terkenal di Indonesia. Sehingga sangat tidak heran jika ponsel ini semakin banyak pula penggunannya.

Secara tidak langsung, hal tersebut membuat kebanyakan orang (pengguna hp vivo), mencari referensi untuk melakukan perawatan, supaya ponsel yang mereka gunakan lebih awet.

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53

Menurut yang kami lansir dari situs resmi Vivo Indonesia, ada beberapa cara untuk membuat ponsel Vivo lebih tahan lama dari sisi pemakaian daya (baterai).

Sehingga pada situs teersebut juga dijelaskan tentang beberapa tips supaya pemakaian baterai lebih tahan lama.

Penasaran dengan beberapa cara yang sudah kami rangkum tersebut? Mungkin akan lebih baik jika anda membaca tips yang terlampir pada daftar berikut :

1. Matikan Notifikasi (Pemberitahuan)

Secara tidak sadar, beberapa aplikasi yang terinstall pada ponsel Vivo akan menampilkan pemberitahuan.

Dalam hal ini, aplikasi tentunya terhubung dengan jaringan internet, atau bisa dibilang bahwa aplikasi tersebut aktif di latar belakang.

Oleh karena itu, dengan mematikan pemberitahuan, khususnya bagi aplikasi yang jarang digunakan. Akan sangat membantu untuk meminimalisir pemakaian baterai.

Cara untuk menerapkannya ialah dengan masuk pada Pengaturan > Status Bar Dan Pemberitahuan > Matikan Izinkan Notifikasi.

Selanjutnya geser pada nama aplikasi > Klik aplikasi tersebut > dan matikan notifikasi.

2. Matikan Lokasi

Meski fitur GPS sudah dalam keadaan tidak aktif, namun menu Lokasi pada pengaturan masih tetap aktif.

Oleh karena itu, anda perlu menerapkan langkah lanjutan untuk menonaktifkan Lokasi tersebut.

Caranya ialah dengan masuk pada Pengaturan > Lokasi > matikan Lokasi. Atau bisa juga dengan masuk pada mode hemat daya.

3. Ganti Wallpaper Gelap

Secara tidak sadar, penerapan wallpaper yang cerah juga ikut berpengaruh dan memperboros pemakaian baterai.

Untuk mengganti wallpaper yang lebih gelap, maka bisa dengan membuka iTheme > Lokal > Wallpaper Lokal.

Selanjutnya anda bisa memilih gambar yang mempunyai statik hitam, sehingga bisa menghemat pemakaian baterai. Jika masih belum punya, maka bisa mencari dulu di internet.

4. Mengatur Kecerahan

Dalam hal ini, admin (saya pribadi) lebih suka mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Sehingga pada saat berada pada lokasi yang terang, maka ponsel akan mengubah kecerahan secara otomatis.

Akan tetapi, terkadang fitur kecerahan otomatis sering dianggap juga memakain baterai lebih besar. Sehingga tingkat kecerahan bisa diatur secara manual.

Langkah untuk mengaturnya ialah menarik dari bagian bawah ke atas. Sehingga muncul menu bar yang menampilkan beberapa fitur.

Pada bagian paling atas, ada bar untuk mengatur kecerahan, ubah saja pada tingkat yang paling rendah. Tapi selama kondisi layar bisa tampak dengan jelas.

Tambahan : Kekurangan mengatur kecerahan manual ialah ketika berada di luar ruangan dan dibawah sinar matahari, maka layar tetap gelap dan tidak tampak.

5. Perbarui Sistem

Pada beberapa update, dijelaskan apa saja yang sudah diperbarui. Akan tetapi sangat umum jika pembaruan sistem tersebut untuk memaksimalkan kinerja baterai.

Cara mengaturnya pun terbilang sangat mudah, cukup masuk pada Pengaturan > Pembaruan Sistem.

Jika tersedia, maka anda bisa melakukan update ponsel pada versi terbaru. Tipsnya pun bisa dilakukan menggunakan sambungan wifi, agar proses download update lebih cepat.

6. Mematikan Update Otomatis

Cara ini sangat diutamakan oleh admin ketika email sudah tersambung (login) pada ponsel. Pasalnya, terkadang akan memakan kuota data ataupun wifi.

Sehingga ketika sudah login, maka secara langsung bisa masuk pada Google Play Store. Yakni untuk mematikan update aplikasi secara otomatis tersebut.

Caranya ialah dengan Buka Playstore > pilih menu (garis tiga kanan kiri atas)) > Setelan > Update Aplikasi Otomatis > ganti pada Jangan Update aplikasi secara otomatis > Selesai.

7. Tutup Aplikasi Secara Paksa

Android memang mempunyai begitu banyak aplikasi bawaan yang berjalan secara otomatis di latar belakang.

Sehingga untuk menghemat pemakaian baterai, maka bisa dengan menutup aplikasi yang berjalan secara paksa.

Cara yang sering admin gunakan ialah pada tampilan awal, klik pada garis tiga pada bagian bawah kiri ponsel. Dan klik tanda silang yang muncul.

8. Jangan Biarkan Layar Menyala Ketika Tidak Dipakai

Jika sudah terbiasa, mungkin cara ini terbilang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, baterai akan terkuras jika secara terus-menerus layar dalam keadaan menyala (terang).

Cara termudahnya ialah dengan mengunci layar supaya tidak menyala terus-menerus. Dalam hal ini, admin (saya pribadi), meletakkan aplikasi kunci (bawaan ponsel) pada layar desktop (depan).

Sehingga dengan satu kali klik, layar akan terkunci tanpa menunda waktu untuk menunggu agar layar tersebut terkunci secara otomatis.

9. Matikan Konektifitas

Ada begitu banyak jenis konektifitas yang bisa diterapkan pada ponsel Vivo. Seperti halnya GPS, Wi-fi, Data Seluler, Bluetooth, Hotspot, dll.

Dan ketika sudah tidak digunakan, ada baiknya jika fitur sambungan tersebut dimatikan.

Tujuannya sangat sederhana, supaya ponsel tidak bekerja berat, serta meminimalisir pemakaian baterai.

10. Matikan Mulai Otomatis

Dalam hal ini ada beberapa jenis aplikasi yang mengaktifkan fitur mulai otomatis ketika ponsel dinyalakan.

Secara tidak langsung, aplikasi tersebut akan aktif di latar belakang, sehingga bisa memakan daya yang tersisa pada baterai.

Untuk menonaktifkannya, anda bisa masuk pada Pengaturan > Pengaturan Lainnya > Aplikasi > Mulai Otomatis > Dan Pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan.

11. Aktifkan Mode Daya Rendah (Penghemat Super)

Ketika ponsel Vivo Y53 anda sudah dalam keadaan sekarat (baterai lemah), maka fitur ini bisa anda manfaatkan.

Ketika diaktifkan, maka layar akan menjadi gelap serta memberikan batasan akses hanya pada jam, kontak, telepon, dan pesan.

Untuk mencobanya, anda bisa menggeser dari bagian bawah ke atas untuk memunculkan menu bar. Selanjutnya pilih Penghemat Super.

Sedangkan untuk menonaktifkan, cukup tekan keluar.

12. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi ini akan melakukan update otomatis pada beberapa data yang terdapat pada akun Google yang digunakan.

Sehingga ketika dihapus atau sejenisnya, data tersebut akan kembali jika sudah dicadangkan.

Namun fitur ini juga bisa dimatikan jika pengguna tidak butuh, yakni dengan cara masuk pada Pengaturan > Akun & Sinkronisasi > Matikan Sinkronisasi otomatis.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semua bisa anda maksimalkan selagi sudah paham dan mencari lebih banyak referensi.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Cara Menghemat Baterai HP Vivo Y53. Semoga bisa membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here