Home Printer Cara Merawat Printer Canon ip2770

Cara Merawat Printer Canon ip2770

61
0
Cara Merawat Printer Canon ip2770 umumnya sudah bisa dibaca pada buku petunjuk penggunaan. Namun buku panduan yang diberikan mungkin tidak menyajikan secara lengkap. Jadi dari segi pengalaman dan seringnya menggunakan printer yang dimaksud, maka disini kami akan membagikan tipsnya.

Cara Merawat Printer Canon ip2770

Seperti diketahui, printer Canon type ip2770 ini memang terbilang banyak yang menggunakan. Hal tersebut disebabkan faktor harga yang relatif murah dan juga penggunaan serta proses instalasi yang tidak rumit. Namun dibalik kesederhaan harga tersebut, tentu ada kelemahan yang harusnya di antisipasi supaya bisa dicegah atau paling tidak bisa diminimalisir.

Nah yang sering menjadi pertanyaan adalah : Bagaimana cara merawat printer Canon ip2770 supaya lebih awet? Dibawah ini kami sudah menyediakan rangkuman yang siapa tahu bisa membantu bagi anda. Simak baik-baik ya!

Cara Merawat Printer Canon ip2770

Pada dasarnya tips ini bisa digunakan untuk printer secara global. Intinya tidak hanya untuk merk canon saja, melainkan adapula beberapa tips yang bisa diterapkan pada produk lain. Tips yang bisa diterapkan secara universal ialah:

  1. Printer setidaknya dinyalakan setiap hari dengan minimal waktu 1 hingga 2 jam. Sebab pada proses on (dinyalakan), maka printer akan secara otomatis akan menjalankan proses cleaning. Dengan demikian tinta pada cartridge tidak kering. Paling tidak gunakan untuk mencetak 1 lembar file (teks ataupun gambar).
  2. Gunakan kualitas standar pada semua pencetakan file. Kecuali foto bisa kualitas tinggi (gunakan high) supaya hasil lebih maksimal.
  3. Bila hasil putus-putus/bergaris, maka bisa dilakukan proses cleaning/deep cleaning menggunakan aplikasi bawaan printer. Klik kanan pada printer>Properties> dan selanjutnya bisa anda cari sendiri.
  4. Usahakan printer istirahat sejenak jika digunakan mencetak dalam jumlah banyak. Maksimal 2 foto (kualitas high) dan 25 hingga 30 lembar untuk mencetak teks hitam putih. Durasi istirahat tersebut tidaklah lama, cukup dengan 2 menit kemudian bisa digunakan lagi.
  5. Jika menggunakan printer infus, usahakan membuka lubang kecil dan tutup lubang besar pada tabung tinta sebelum dinyalakan.
  6. Untuk Printer Infus, Jika hendak dipindahkan atau ingin membawa printer (pindah tempat), tutup terlebih dahulu semua lubang pada tabung tinta. Hal ini berguna untuk mencegah selang kemasukan angin.
  7. Jika kertas tersangkut (tidak bisa jalan) ketika sedang ngeprint, usahakan jangan langsung ditarik, sebab hal tersebut bisa berdampak pada roll yang kemungkinan patah. Jadi matikan terlebih dahulu kemudian kertas bisa ditarik.
  8. Jika printer berada pada lokasi yang berdebu (pinggir jalan, gudang, atau sejenisnya), usahakan ditutup dengan kain jika tidak sedang digunakan.

Sebagai tips lanjutan, dibawah ini kami juga sudah menyediakan beberapa langkah mudah yang bisa digunakan untuk membuat printer anda tahan lama. Tips tersebut terbagi dalam 3 variasi, yang pertama ialah perawatan head agar tidak cepat rusak, yang kedua ialah merawat catridge, dan yang ketiga ialah perawatan pada printer jenis infus.

# Cara Merawat Head Supaya Tidak Mudah Rusak

  • Usahakan lebih selektif dalam memilih tinta. Jika anda sudah menggunakan satu produk, maka jangan beralih pada produk lain jika ketersediaan sudah habis. Sebab tingkat kekentalan dan juga bahan yang digunakan mungkin akan berbeda. Hal ini secara tidak langsung akan menimbulkan kerusakan.
  • Gunakan printer paling tidak 2 hari sekali (untuk mencetak) namun akan lebih baik jika dinyalakan setiap hari paling tidak selama 10 hingga 15 menit meskipun tidak digunakan.
  • Lindungi printer jika sedang tidak digunakan, seperti diberi kain penutup atau sejenisnya. Hal ini bertujuan supaya tabung dan beberapa komponen pada printer tidak kemasukan debu.
  • Usahakan menggunakan kualitas High jika ingin mencetak foto (gambar) berwarna.
  • Istirahatkan printer paling tidak 1 hingga 2 menit jika digunakan mencetak dalam jumlah banyak. Maksimal 25 hingga 30 lembar. Tips ini bertujuan supaya catridge tidak panas (overheat). Begitu juga jika mencetak gambar berwarna, jumlah yang disarankan ialah 4 hingga 5 lembar ukuran penuh (A4).
  • Hati-hati jika memegang catridge (saat penggantian), jangan sampai anda menyentuh logam (nozzle head catridge) ataupun sampai terjatuh apalagi tergores.

# Cara Merawat Catridge Supaya Lebih Awet

  • Jangan menyentuh logam atau bagian tembaga (titik-titik kuning) pada chip catridge.
  • Jangan sampai logam chip catridge terkena air ataupun tinta, sebab bisa saja menimbulkan konsleting.
  • Hindari chip catridge terkena kotoran seperti debu dan lain sebagainya.

# Tips Perawatan Printer Infus

  1. Jika hendak menyalakan printer, usahakan membuka lubang kecil dan menutup lubang besar pada tabung tinta.
  2. Jika hendak melakukan pengisian tinta, tutup lubang kecil dan buka lubang besar pada tabung.
  3. Jika printer hendak dipindahkan, tutup semua lubang (baik itu kecil maupun besar).
  4. Selalu kontrol ketersediaan tinta dalam tabung, jangan sampai kehabisan karena selang akan kemasukan angin.
  5. Hindari membuka kedua lubang pada tabung, sebab bisa mensejajarkan level tinta pada tabung.

Isi artikel yang kami tulis diatas hanya membahas seputar tips perawatan. Sedangkan untuk mengatasi masalah error dan sejenisnya, mungkin akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Sekian dari kami dan semoga bisa membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here