Home Aplikasi Cara Pasang Iklan di Facebook Ads Panduan Lengkap

Cara Pasang Iklan di Facebook Ads Panduan Lengkap

59
0
Cara pasang iklan di Facebook Ads

Dari sekian banyak sosial media yang ada, Facebook masih menjadi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri angka pengguna Facebook tercatat ada lebih dari 140 juta orang. Tak heran jika Facebook Ads dianggap menjadi media periklanan yang sangat efektif untuk membantu Anda yang memiliki usaha.

Memasang iklan di Facebook Ads terbilang sangat terjangkau jika dibanding media periklanan lainnya, yaitu mulai dari Rp 10 ribu. Sedangkan untuk cara pasang iklan di Facebook Ads juga sangat mudah, Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini.

Panduan Lengkap Pasang Iklan di Facebook Ads

Untuk memasang iklan di Facebook Ads, pertama-tama Anda harus membuat Facebook Pages terlebih dulu melalui link berikut Facebook.com/pages/creation/. Jika sudah memiliki Facebook Pages maka sekarang Anda bisa segera membuat Facebook Ads dengan beberapa langkah, yaitu:

1. Kunjungi Facebook Ads

Pertama-tama silahkan login menggunakan akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat Facebook Pages sebelumnya lalu kunjungi laman Facebook Ads Manager (https://www.facebook.com/ads/manager).

2. Masuk ke Pembuatan Iklan

Setelah itu Anda bisa membuka menu “Kampanye” dan akan muncul dua pilhan pembuatan iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpadu atau Pembuatan Iklan Cepat. Anda bisa memilih Pembuatan Iklan Terpadu untuk membuat iklan lebih spesifik sesuai target marketnya.

3. Menentukan Tujuan Iklan

Cara pasang iklan di Facebook Ads yang selanjutnya adalah menentukan tujuan iklan yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Tiap tujuan memiliki target yang spesifik sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Pilih Jenis Iklan

Terdapat dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Untuk jenis iklan Uji Split maka Anda bisa memasang 2 konten iklan yang berbeda. Sedangkan untuk jenis iklan Pengoptimalan Anggaran Anda hanya bisa memasang 1 konten iklan saja.

Untuk Uji Split tentu biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibanding jenis iklan Pengoptimalan Anggaran.

5. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Tulis nama iklan supaya Anda bisa melacak performanya di Facebook Ads dan pilih trafik yang ingin diarahkan ke beberapa media. Seperti misalnya trafik ke WhatsApp, website, aplikasi, atau Facebook Messenger.

6. Tentukan Target Audience

Cara pasang iklan di Facebook ads bisa Anda lanjutkan ke tahap pemilihan target audience. Masukkan data target audience agar iklan lebih spesifik. Mulai dari lokasi, umur, jenis kelamin, penargetan terperinci, dan beberapa kolom lainnya.

7. Pilih Gambar, Judul, dan Masukkan Link

Ini adalah tahap akhir dalam pembuatan iklan di Facebook Ads. Sekarang Anda bisa segera memasukkan gambar, judul, dan link yang nantinya dapat dibagikan. Gunakan judul iklan yang menarik dan relevan dengan produk Anda untuk meningkatkan minat audiens.

Baca juga : Trik Jualan di Facebook Marketplace, Nomor 1 Wajib Dilakukan

Demikianlah panduan dan cara pasang iklan di Facebook Ads yang mudah dan terjangkau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.