Home Printer Cara Reset Printer Canon IP1880 Terbaru

Cara Reset Printer Canon IP1880 Terbaru

112
0

Cara Reset Printer Canon IP1880 Terbaru pada dasarnya sudah jarang dicari. Pasalnya printer merek ini sudah terbilang lawas dan mungkin sudah ketinggalan fitur dari keluaran terbaru printer Canon. Akan tetapi, masih ada saja yang masih menggunakan printer ikonik tersebut. Jadi mempunyai peran sebagai salah satu referensi, maka disini kami akan mencoba untuk berbagi dengan anda.

Cara Reset Printer Canon IP1880 Terbaru

Munculnya masalah pada printer Canon iP1880 sering dikaitkan dengan lampu hijau-orange yang berkedip secara terus-menurus bergantian. Apabila ditelusuri, bisa saja masalah tersebut disebabkan oleh “ink absorber is full” atau penyerap tinta sampah sudah penuh. Pada dasarnya, perhitungan tinta sampah tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, sehingga membutuhkan langkah atau proses dengan istilah cleaning kartrid.

Umumnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mereset ink counter pada printer. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa anda lakukan. Baik itu secara manual atau bisa juga menggunakan bantuan tool (software). Namun sebelumnya, anda juga harus paham dengan tanda dari gejala masalah tersebut. Beberapa diantaranya ialah : blink 4x orange dan 1x green, green dan orange berkedip bergantian 7x, dan blink orange 8x yang menandakan ink tank full.

Cara Reset Printer Canon IP1880 Terbaru

Membahas tentang cara reset canon iP1880 atau iP1900, pertama kami akan berbagi cara yang bisa dilakukan secara manual. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Cara Manual Reset Printer Canon iP1880 :

  • Pertama printer Canon Pixma iP1800 harus dinyalakan terlebih dahulu.
  • Printer dalam keadaan hidup, lepaskan kabel daya (power) printer.
  • Pada saat printer sudah off/mati, tekan dan tahan tombol power sembari memasang kembali kabel yang sudah dicabut tadi.
  • Keadaan tombol power masih ditekan, kemudian tekan tombol resume 2x.
  • Lepaskan tombol power.
  • Jika langkah dijalankan secara benar, maka secara otomatis printer Canon iP1880 akan terinstal ulang dan PC akan mendeteksi perangkat baru. Tunggu proses ini hingga selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, masuk pada control panel => Printer and Faxes (Windows) atau bisa juga control panel => Devices and Printer. Maka secara otomatis driver printer Canon iP1880 akan bertambah, sebagai contoh Canon ip1800 (copy 1). Driver ini yang aktif dan bisa dijadikan sebagai default printer.
  • Selanjutnya bisa dilakukan test print.


Cara Reset Printer Canon iP1880 Dengan Tool : 
Ada beberapa langkah sebelum pada akhirnya menjalankan proses reset dengan tool. Pertama ialah mengaktifkan service mode terlebih dahulu, kemudian menjalankan general service tool. Perlu diperhatikan juga, driver sudah harus terinstall pada komputer dan juga harus dalam keadaan service mode.

Cara Mengaktifkan Service Mode :

  1. Cabut kabel power listrik
  2. Tekan power dan colokkan kembali kabel listrik.
  3. Masih menekan tombol power, tekan tombol resume (orange)
  4. Lepas keduanya secara bersamaan.
  5. Ulang menekan tombol power dan langsung lepas kembali. (jangan mencabut kabel listrik lagi).

Menjalankan General Service Tool :

  1. Jalankan General Service Tool. Jika anda masih belum punya, maka sebelumnya cari terlebih dahulu di Google, softwarenya banyak dibagikan secara gratis. Software ini umumnya kompatibel dengan Windows XP.
  2. Cari GeneralTool.exe dan jalankan (klik)
  3. Pilih USB Port
  4. Centang EEPROM Clear dan klik Lock Release
  5. Pilih iP1800
  6. Klik Main dan Pattern
  7. Quit dan selesai!

Bagaimana? Apa yang kami bagikan diatas masih kurang? Mungkin akan lebih baik jika menyimak juga artikel kami yang lain. Sekian dari kami dan semoga bisa membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here