Cara Resetter Epson L360 Terbaru Dan Terlengkap

Cara Resetter Epson L360 Terbaru Dan Terlengkap ini pada dasarnya kami dapat dari beberapa sumber di internet, dan juga pernah mempraktekkan sendiri dirumah. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman pribadi, kami mempunyai niat untuk berbagi ulang tentang bagaiamana cara melakukan reset ulang pada Printer Epson dengan model L-Series, seperti halnya L130, L220, L310, L360 dan L365.

Cara Reset Epson L360 Terbaru Dan Terlengkap

Perlu diketahui sebelumnya, Printer dengan Seri L sudah mempunyai multi-fungsi. Yang kesemuanya memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mempunyai scanner (pindai foto), cetak (print-out), dan juga copy (mengandakan file seperti halnya mesin foro copy). Yang menjadikan printer ini terbilang unik, ialah harganya terjangkau bagi semua kalangan. Baik untuk digunakan secara pribadi ataupun kantoran.

Namun yang menjadi masalah ialah seiring dengan pemakaian secara rutin. Terkadang muncul pesan eror dengan disertai lampu blik (berkedip) sehingga printer tidak bisa digunakan. Karena munculnya masalah tersebut, kami berusaha untuk mencari informasi yang bisa mengatasi masalah yang dimaksud. Serta menemukan dua cara alternatif yang bisa diterapkan. Cara tersebut bisa secara manual ataupun dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Akan tetapi, lampu berkedip serta printer tidak digunakan untuk mencetak, terkadang disebabkan oleh berbagai faktor. Jadi tidak serta merta butuh reset seperti yang sudah tertera pada judul. Dalam hal ini anda bisa terlebih dulu melakukan pengecekan awal. Hal tersebut mencakup :

  1. Lakukan pemeriksaan pada tinta tabung printer, siapa tahu tinta habis dan perlu dilakukan pengisian ulang.
  2. Lakukan pemeriksaan pada cartridge printer. Dalam hal ini untuk mengecek bahwa tidak ada kotoran atau benda yang menempel, serta pastikan pula posisi dari katrid tidak geser dan terpasang dengan baik.
  3. Pastikan bahwa tidak ada sisa kertas yang terjepit pada posisi roller printer (penarik kertas). Tips ini bisa dilakukan apabila sebelumnya kertas pernah tersendat.
  4. Cek juga kabel USB yang tersambung dari printer ke komputer. Pastikan bahwa kabel terpasang dengan benar.

Setelah melakukan beberapa pengecekan seperti yang sudah kami sebutkan diatas, coba terlebih dahulu untuk mengetes print-out. Jika masih tetap printer tidak bisa digunakan, mungkin langkah selanjutnya memang butuh untuk direset ulang. Tujuannya ialah supaya printer seperti posisi baru atau lebih tepatnya dimulai dari nol.

Resetter Epson L360 Terbaru Dan Terlengkap

Untuk melakukan langkah-langkah reset Epson L360, ada dua cara yang bisa anda terapkan. Yang pertama ialah menggunakan cara manual, dan yang kedua ialah mereset printer otomatis dengan bantuan aplikasi (software). Nah yang menjadi pertanyaannya ialah bagaimana cara melakukan reset ulang Epson L360 tersebut? berikut rincian selengkapnya!

1. Cara Reset Epson L360 Manual (Tanpa Software)
Langkah ini mungkin terbilang paling banyak dicari oleh para pengguna printer eposn. Sebab cara yang diterapkan bisa dilakukan langsung tanpa memerlukan alat pendukung. Untuk bisa menerapkan, berikut langkah-langkah yang bisa disimak secara detail :

  • Pastikan Printer dalam keadaan mati (off) dan cabut kabel power selama kurang lebih 3 hingga 5 menit.
  • Sambungkan dan nyalakan kembali printer. Proses ini perlu memastikan bahwa printer sudah dalam keadaan menyala sempurna.
  • Tekan dan tahan tombol RESET/RESUME (logo tinta) selama 5 detik, dan lepas.
  • Tekan dan tahan kembali tombol RESUME selama 3 detik, dan lepaskan. Serta tekan satu kali.
  • Jika langkah dilakukan dengan benar, maka setelah itu printer akan berjalan otomatis dan melakukan reset sendiri. Tunggu hingga proses tersebut selesai.
  • Dalam tahap ini, seharusnya printer sudah normal dan lampu indikator akan berhenti berkedip.

Jika cara pertama (Manual) tidak berhasil, maka akan lebih baik untuk menerapkan langkah kedua (menggunakan software) agar printer bisa digunakan kembali.

2. Reset Epson L360 Otomatis (Menggunakan Software Resetter)
Proses ini pada dasarnya akan berjalan otomatis jika anda sudah mempunyai software resetternya. Cukup lakukan beberapa langkah, maka epson L360 akan kembali bisa digunakan. Langkah-langkahnya mencakup :

  • Pertama anda harus mendowload file Resetter “Epson Adjusment” terlebih dahulu. Silahkan klik link (Resetter Epson L360) – (Password). Password digunakan untuk meng-extract file.
  • Pastikan sambungan kabel printer dengan PC terpasang dengan baik.
  • Jalankan (buka) aplikasi resetter dengan mengklik 2x “Epson Adjustment
  • Selanjutnya klik tombol “Select” untuk memilih jenis printer (model) dan juga port USB yang sedang digunakan. Tapi disarankan juga untuk menggunakan “Auto Selection” biar lebih mudah. Seterusnya cukup tekan “OK”.
  • Pada proses ini, anda harus paham langkah pemecahan masalah, namun umumnya bisa memilih “Particular Adjusment Mode” dan pilih “Waste Ink Pad Counter“, diakhiri dengan klik “OK”.
  • Pada tampilan selanjutnya, cek dan centang “Main Pad Counter“, dan klik “Check“. Umumnya dalam proses ini printer akan menampilkan informasi mengenai kondisi printer. Bahkan akan ditampilkan juga jumlah pencetakan yang sudah dilakukan.
  • Selanjutnya, lakukan cek dan centang lagi pada “Main Pad Counter” dilanjutkan dengan mengklik “Initializing”. Tunggu proses hingga selesai.
  • Jika proses resetnya sudah selesai, maka pada layar komputer akan ditampilkan pemberitahuan “Please Turn On dan Turn Off your printer”. Jadi anda cukup dengan mematikan printer kemudian menyalakan kembali.
  • Proses Reset Epson L360 Selesai dan Printer bisa digunakan lagi.

Sekedar informasi, seharusnya dengan langkah ini lampu orange printer Epson L360 sudah tidak berkedip. Serta anda sudah bisa menggunakan printer secara normal. Tapi untuk memastikan, setelah melakukan proses diatas lebih baik melakukan tes print.

Pada dasarnya, masalah yang sering terjadi dan diketahui dengan lampu indikator (orange) berkedip. Tidak luput dari masalah “Waste Ink Pad Counter” alias tabung pembuang tinta dianggap penuh. Jadi untuk bisa digunakan secara normal, maka anda harus melakukan reset. Baik itu secara manual ataupun otomatis dengan bantuan software.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Reset Epson L360 Terbaru Dan Terlengkap. Semoga bisa membantu dan berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! terima kasih. https://www.hargavivo.com

Leave a Comment