Tips Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Tips Melindungi Smartphone Android Dari Virus | Tidak sedikit orang yang bertanya terkait dengan android yang terkena virus. Selain bisa menyerang OS yang yang umumnya menjadi dasar komputer, ternyata disini smartphone android pun bisa menjadi sasaran empuk bagi para hacker untuk merusak dan mencari keuntungan. Nah sebagai langkah pencegahan, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan supaya ponsel anda terbebas dari virus. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa langkah berikut ini.

Tips Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Sebelum anda mengetahui seperti apa cara yang sudah kami siapkan, disini anda harus paham terlebih dahulu seperti apa bentuk dari virus. Umumnya virus berupa malware (aplikasi) yang berjalan otomatis. Dan ketika ponsel android sudah terjangkit, maka ada kemungkinan data, atau elemen lain dari ponsel menjadi rusak. Jadi virus pada android ini akan sangat merugikan bagi anda. Nah untuk mengatasi dan mencegah ponsel terjangkit virus, langkah sederhananya bisa anda simak dibawah ini.

Tips Melindungi Smartphone Android Dari Virus

√ 1. Install Aplikasi Dari Penyedia Resmi
Jika anda memang pengguna android yang masih baru, untuk bisa menginstall sebuah aplikasi seharusnya anda menggunakan Google Playstore. Fitur ini sudah tersedia secara default di perangkat anda. Jadi buka playstore dan pilih aplikasi yang ingin anda pasang. Tips sederhananya ialah anda harus punya email google terlebih dahulu untuk bisa membuka aplikasi. Kenapa harus memilih playstore? Karena semua aplikasi didalamnya sudah protect dan discan terlebih dahulu sehingga benar-benar aman.

2. Cek Pengembang Aplikasi
Sekarang ini semakin marak jenis aplikasi yang masih lolos dari pengamanan Google. Bahkan ada pula beberapa aplikasi yang dipalsukan. Jadi dalam hal ini sangat penting bagi anda untuk mengecek terlebih dahulu kebenaran dari pengembang. Atau bisa juga dengan melihat komentar dari penginstall terdahulu pada setiap aplikasi yang anda lihat.

3. Lakukan Update OS Secara Rutin
Meski dengan mematikan update otomatis bisa membantu supaya kinerja ponsel lebih maksimal. Namun adanya update OS juga sangat penting untuk anda lakukan. Dalam hal ini umumnya update tersedia secara langsung pada fitur setting.  Masuk pada setting dan cek pembaruan sistem. Selain menjadikan ponsel anda tambahn aman, biasanya terdapat pula beberapa update yang memaksimalkan kinerja dari ponsel terkait.

4. Install Aplikasi Anti Virus
Meski sebenarnya kami tidak menganjurkan, namun banyak pula yang merasa ponselnya mempunyai kinerja lebih baik ketika menginstall aplikasi yang dimaksud. Aplikasi anti-virus ini umumnya berjalan secara otomatis dan membuat kinerja ponsel lebih lambat, namun dari segi lain tentu akan sangat membantu dalam mencegah menularnya virus pada perangkat anda.

5. Aktifkan Fitur Keamanan
Pada beberapa produk smartphone, fitur ini sangat membantu dalam memprotek adanya virus yang masuk pada android. Nah fitur keamanan ini mempunyai peranan penting untuk meminta ijin ulang sebelum anda menginstall aplikasi. Meski tidak memberikan jaminan 100%, namun tidak ada salahnya jika anda coba.

6. Berhati-hati Saat Browsing
Meski terbilang asyik berselancar di dunia internet, namun dalam hal ini bisa saja ponsel anda terjangkit android. Dalam hal ini anda harus pandai memilih situs untuk dikunjungi supaya virus tidak masuk pada ponsel anda. Sebab dijaman yang serba mudah seperti sekarang, banyak orang sembarangan online dan membuka link-link yang tersebar secara acak. Untuk mencegah supaya ponsel anda aman dari virus, perhatikan situs-situs yang anda buka saat browsing. Hindari adanya iklan aneh (undian, pemenang, terpilih, dll), serta berhati-hati juga jika anda iklan pop-up (terbuka di jendela baru).

7. Hati-hati Menggunakan Sambungan Wifi
Tidak dipungkiri bahwa sekarang ini orang lebih tergiur untuk menggunakan sambungan wifi gratis dibanding dengan yang mempunyai password. Beberapa penelitian menyebutkan, sabungan wifi terbuka bisa menjadi celah bagi para hacker untuk menyebarkan virus. Akan lebih baiik jika anda menggunakan sambungan wifi dengan password dan memintanya pada si pemilik agar bisa internetan.

8. Jangan Lakukan Sharing Aplikasi
Banyak yang beralasan bahwa mengirim aplikasi bisa menjadikan mereka lebih hemat akan paket data. Namun siapa sangka jika hal tersebut malah menjadikan ponsel anda lebih rawan akan virus. Apalagi jika ponsel yang mengirim aplikasi tersebut sudah terjangkit dengan virus. Jadi akan lebih aman jika anda menginstallnya sendiri melalui situs resmi seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

9. Kembali Pada Pengaturan Pabrik
Meski bisa menghilangkan semua data pada ponsel, namun mengembalikan pada pengaturan pabrik bisa menghapus beberapa jenis virus yang bandel pada ponsel. Istilah ini juga dikenal dengan sebutan factory reset dan anda bisa meminta bantuan pada yang lebih paham supaya langkah-langkahnya bisa lebih lancar.

10. Install Ulang OS
Bagi ponsel yang masih belum di oprek (original bawaan pabrik), mungkin akan lebih aman dibanding yang sudah di root. Istilah root bisa menjadikan anda lebih leluasa dalam mengoperasikan android. Bahkan super user (ponsel android yang sudah di root) bisa melakukan semua hal yang tidak bisa dilakukan oleh OS yang masih ori. Bagaimana jika ponsel yang sduah di root terkena virus? Tentu anda harus ke konter untuk melakukan install ulang OS.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Tips Melindungi Smartphone Android Dari Virus, Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Leave a Comment