Home Android Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah

Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah

62
0

Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah | Berbicara mengenai smartphone, tentu anda tidak akan berpaling dengan namanya OS android. Sebab mayoritas sekarang ini, para pengguna smartphone lebih memilih OS android dibanding dengan OS lainnya. Selain pengoperasiannya yang sangat mudah, tentu didukung pula oleh Google yang menyediakan tempat gratis untuk mendownload aplikasinya.

Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah

Dalam hal ini, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa jaman sekarang ini para pengguna smartphone semakin tinggi dan bahkan mayoritas menggunakan android. Nah sebagai pembuka salah satu celah yang bisa anda pelajari, menjadi developer android memberikan anda berbagai solusi untuk membuka lahan bisnis baru. Seperti halnya pembuatan aplikasi atau hal lain yang dibutuhkan oleh para pengguna OS android tersebut.

Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah

Bagaimana dan seperti apa saja tips agar bisa menjadi developer android? Berikut kami menyediakan rinciannya untuk anda.

1. Mengetahui Dasar Java Dan XML
Mungkin hal ini sudah tidak terdengar asing bagi para penggemar coding, namun bagi anda yang masing awam, tentu sangat penting untuk mempelajari dua elemen dasar untuk pengkodingan sistem android. Java sendiri sudah digunakan sejak dulu dan termasuk salah satu OS yang sangat populer. Selain Java terdapat pula Symbian dan lain sebagainya yang umum diterapkan pada ponsel jaman dulu. Dalam hal ini anda begitu banyak situs online yang menawarkan anda untuk belajar JAVA dan XML secara online. Tinggal anda cari saja di mesin pencari Google.

2. Mencari Lebih Banyak Referensi
Untuk awal yang baik, ada baiknya jika anda bertanya terlebih dahulu sebelum memulai apa yang anda inginkan. Dalam hal ini anda bisa berbagi dengan teman, forum online, dan sejenisnya. Sebab sebagai dasar, sudah sepatutnya anda mempunyai lebih banyak referensi supaya tidak salah langkah, putus asa atau merasa kesulitan dalam memulai.

3. Memilih Tool Yang Sesuai
Ada beberapa jenis program yang bisa anda gunakan untuk mendesain sebuah aplikasi. Jika dilihat dari yang paling umumnya, biasanya para developer menggunakan Android Studio atau Eclipse. Jadi anda harus memilih salah satunya supaya bisa lebih familiar dan bisa fokus untuk mempelajarinya. Pastinya kedua program tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun sebagai pemula yang masih belajar, anda harus lebih fokus supaya dikemudian hari menjadi lebih lancar.

4. Membangun Tim Yang Solid
Meski sebagian orang lebih memilih untuk bekerja sendiri, namun akan lebih baik bila anda membentuk sebuah tim supaya mempunyai tugas masing-masing. Selain bisa bertukar pikiran, ternyata dengan adanya tim ini anda akan lebih semangat dalam membangun sebuah pengembangan android. Tentunya pikiran anda juga akan lebih ringan karena ada banyak masukan, visi, misi dan kerja sama tim.

5. Memilih Library Android Terbaru
Ada begitu banyak jenis library android open source yang bisa anda gunakan. Penggunaan library ini akan mempercepat project pengembangan aplikasi anda. Beberapa contoh library yang umum digunakan berupa fungsional, read me & quick start, source code, visualisasi, history & komunitas, serta masih banyak lagi yang lainnya. Intinya anda hanya perlu sedikit pengditan sebelum benar-benar anda terapkan pada project yang anda kembangkan.

6. Tujukan Pada Pemikiran Bisnis
Belajar tentang kode (coding) mungkin akan sangat sulit bagi anda yang masih awam. Namun apabila anda mempunyai tujuan yang tepat, tentu hal tersebut menjadi daya dorong untuk anda lebih semangat. Coba anda ingat, sekarang ini mayoritas pengguna ponsel meneggunakan OS android yang tentunya menjadi salah satu lahan atau peluang bisnis bagi anda. Apabila anda sudah benar-benar paham mendesain aplikasi, maka dengan hal ini anda bisa menawarkan jasa (desain aplikasi) dan sejenisnya sehingga menjadi sumber masukan bagi keuangan anda.

7. Memahami Arsitektur Android
Tidak sembarang membangun sebuah aplikasi, sebab didalamnya terdapat susunan yang seharusnya anda pelajari terlebih dahulu. Bisa dibilang membuat aplikasi tersebut ada aturannya. Seperti halnya desain, komponen, pattern, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi sebagai langkah awal, mungkin hal ini juga perlu dipelajari supaya aplikasi anda diminati oleh para pengguna.

8. Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas
Tidak sedikit developer yang berpikiran bahwa semakin banyak aplikasi yang dibuat, maka semakin banyak pula penghasilan yang diperoleh. Pemikiran ini sebenarnya sangat salah, sebab akan sangat percuma aplikasi anda buat namun sangat sedikit peminat yang memasangnya. Sebagai developer yang bertujuan bisnis (menghasilkan), maka akan lebih baik menciptakan 1 aplikasi yang berkualitas dibanding dengan 3 aplikasi yang hanya berada pada kualitas rata-rata. Intinya dalam hal ini anda harus memikirkan imbas dibalik project yang anda lakukan.

9. User Interface dan Experience
Dilansir dari berbagai sumber yang kami baca, hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan android ialah mengenai tampilan dan penggunaan. Ada beberapa jenis situs online yang bisa anda akses untuk membantu pengembangan aplikasi android untuk developer pemula. Sebab sebagai developer, anda juga harus memperhatikan desain awal dan penggunaan aplikasi didalamnya.

10. Jangan Berputus Asa
Banyak pepatah yang mengatakan bahwa belajar itu tidak memandang usia. Bahkan ada pula yang menyuruh tuntut ilmu sampai ke negeri china. Meski hal tersebut hanya sebuah ungkapan, namun semestinya menjadi daya dorong bagi anda untuk bangkit dan berubah guna meraih masa depan yang lebih baik. Sejak dari awal kami menerangkan, tidak sedikit pada developer pemula yang berputus asa karena tidak bisa mendesain atau bahkan memulainya. Jadi dalam hal ini anda harus memikirkan matang-matang semua langkah yang anda tempuh. Dari mencari rekan untuk membentuk tips, belajar sesama teman yang menjadi developer (forum, grup, perkumpulan). Atau hal lain yang sekiranya bisa menjadi modal awal untuk anda memantabkan diri menjadi developer.

Nah sekiranya hanya itu saja yang bisa kami tulis mengenai Tips Menjadi Developer Android Paling Mudah. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here